Pengaruh Penerapan CSR terhadap Kinerja Usaha Melalui Green Product pada Sektor Industri Kecil dan Mikro (IKM) Berbasis Makanan di Pudak Payung Kota Semarang

Bonifatus Wibowo - Management, Economics and Business Faculty, Soegijapranata Catholic University, Semarang , & Management, Economics and Business Faculty, Soegijapranata Catholic University, Semarang , &
Veronica Kusdiartini - Management, Economics and Business Faculty, Soegijapranata Catholic University, Semarang
Dyah Anugraheni - Management, Economics and Business Faculty, Soegijapranata Catholic University, Semarang
Ignatius Supriyanto - Management, Economics and Business Faculty, Soegijapranata Catholic University, Semarang

Abstract


SMEs now conduct CSR. However, for food-processed SMEs, CSR has yet to be discovered how this will affect its Performance. This research aims to know the influence of CSR on the Performance through Green Products. The population in this study were all food processing SMEs in Pudak Payung, Banyumanik, and Semarang. The sample used was 43, whose business was over 5 years old (quota sampling). The primary data, CSR, Green Products, and Performance, was obtained through questionnaires distributed to the 43 SMEs. The data was analyzed using simple linear regression and the Sobel test. The analysis results reveal that using simple linear regression, CSR affects Green Products and their Performance, while Green Products do not affect their Performance. This shows that CSR has a direct effect on their Performance. The Sobel test strengthens these, which shows that Green Products do not mediate the relationship between CSR and their Performance. Research on certain types of food processing SMEs or all food processing SMEs in Banyumanik needs to be conducted to prove that Green Products mediate the relationship between the influence of CSR and Business Performance.

Keywords


Corporate Social Responsibility; Green Product; Business Performance and SMEs

References


Abdillah, F. M., & Agung, U. (2018). Pengaruh green product dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli (studi pada konsumen lampu philip LED Jogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2) 2018. http://dx.doi.org/10.21831/jim.v15i2.34759

Annisa, A (2021). Corporate social responsibility. Dikutip dari https://ukmindonesia.id (7 Agustus 2022)

Budiyanto, B., & Prasaja, G. M. (2020). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan pemodelan green product dan green advertising terhadap keputusan pembelian di Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Segmen Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(3), Juli 2020. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/6043

Despasya, Y. (2020). Berbagai macam produk ramah lingkungan yang dapat anda coba untuk lestarikan lingkungan. Dikutib dari www.cleanipedia.com (9 Agustus 2022)

Fitriani, L. K. (2015). Analisis green innovation dampaknya terhadap keunggulan bersaing produk dan kinerja pemasaran (studi empiris pada UKM Batik Ciwaringin Kabupaten Cirebon). Journal of Management and Business Review, 12(2), 105-125. https://doi.org/10.34149/jmbr.v12i2.41

Ghozali, I. (2017). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiah, F., Bambang, T., & Noorlailie, S., (2020). Peran Green Product Innovation Dalam Memediasi Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bisnis Industri Kreatif. Journal of Accounting Science, 4(1), 12-28. https://doi.org/10.21070/jas.v4i1.397.

Handoko, L. B. (2021). Sobel test untuk menguji variable mediasi. Dikutib dari https://accounting.binus.ac.id/2021/11/16/sobel-test-untuk-menguji-variable-moderasi/ (7 Oktober 2022).

Husen, M. (2022). CSR adalah tanggung jawab perusahaan, ini jenis dan manfaatnya. Dikutib dari https://katadata.co.id. (9 Agustus 2022).

Kalsum, Umi. (2017). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan pofitabilitas sebagai variabel moderasi studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Thesis. Universias Lampung, Bandar Lampung.

Kementrian Sekretaris Negara RI. (2021). Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dikutip dari https://jdih.setkab.go.id (10 Agustus 2022).

Leki, R. & Christiawan, J. Y. (2013). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap penjualan dan biaya operasional perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011. Business Accounting Review, 1(2), 2013.

Muchlisin, R. (2014). Pengertian, indikator dan faktor yang mempengaruhi kinerja. Dikutip dari https://www.kajianpustaka.com. (10 Agustus 2022)

Mudjiarto & Vimesa, Y.A. (2020). Pengaruh faktor kemampuan terhadap kinerja UMKM peserta program PKT di Wilayah Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen, 16(2), Juli, 2020. http://journal.unas.ac.id/oikonamia/article/view/1124

Nurhayati, N., Eliana, E., & Jusniarti, N. (2021). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2018). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. 3(1), (2021). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/9633

Nurhidayah, E., & Ni’am, I. (2022). Pengaruh CSR Terhadap kemampuan inovasi dan kinerja UMKM (studi kasus penyaluran dana CSR PT SPHC pada UMKM Bunga Kopeng). Jurnal CAPITAL, Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 11-26. https://doi.org/10.33747/capital.v4i2.150

Rusniati & Rini, R. (2019). Green product: Pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan pembelian. Jurnal INTEKNA, 19(1), Mei 2019, 1-68. https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2020.021.01.1

Sari, P. N. & Sari, H. (2020). Pengaruh pengungkapan green product innovation dan green process innovation terhadap kinerja perusahaan. Jurnal Akuntansi Unesa, Vol.09, No.01, September 2020. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi

Singgih, S. (2014). Panduan lengkap SPSS versi 20 edisi revisi. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.

Suaidah, M. Y., & Putri, A.C.K. (2020). Pengaruh kinerja lingkungan dan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara, 3(2), Juli (2020) – Desember 2020. https://doi.org/10.26533/jad.v3i2.666

Sumiati & Romi, S. (2021). Kontribusi GHRM, green input, green process dan green product terhadap economic performance. Jurnal Menara Ekonomi, VII(2), Oktober. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/2870

Tutik, S. (2020). Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Bisnis dan Akuntansi Unsurya, 5(2), Juni 2020. https://doi.org/10.35968/jbau.v5i2.430

Untung, U & Murni, W. A. (2020). Strategi green product guna meningkatkan kinerja usaha kecil menengah berbasis ramah lingkungan. Journal of Research and Technology, 6(1), 33–40. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/138




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i3.597

Citation Format:


Indexing

 

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

License

JMBR is using CC BY License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.