Pengaruh Penerapan CSR terhadap Kinerja Usaha Melalui Green Product pada Sektor Industri Kecil dan Mikro (IKM) Berbasis Makanan di Pudak Payung Kota Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdillah, F. M., & Agung, U. (2018). Pengaruh green product dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli (studi pada konsumen lampu philip LED Jogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2) 2018. http://dx.doi.org/10.21831/jim.v15i2.34759
Annisa, A (2021). Corporate social responsibility. Dikutip dari https://ukmindonesia.id (7 Agustus 2022)
Budiyanto, B., & Prasaja, G. M. (2020). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan pemodelan green product dan green advertising terhadap keputusan pembelian di Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Segmen Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(3), Juli 2020. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/6043
Despasya, Y. (2020). Berbagai macam produk ramah lingkungan yang dapat anda coba untuk lestarikan lingkungan. Dikutib dari www.cleanipedia.com (9 Agustus 2022)
Fitriani, L. K. (2015). Analisis green innovation dampaknya terhadap keunggulan bersaing produk dan kinerja pemasaran (studi empiris pada UKM Batik Ciwaringin Kabupaten Cirebon). Journal of Management and Business Review, 12(2), 105-125. https://doi.org/10.34149/jmbr.v12i2.41
Ghozali, I. (2017). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiah, F., Bambang, T., & Noorlailie, S., (2020). Peran Green Product Innovation Dalam Memediasi Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bisnis Industri Kreatif. Journal of Accounting Science, 4(1), 12-28. https://doi.org/10.21070/jas.v4i1.397.
Handoko, L. B. (2021). Sobel test untuk menguji variable mediasi. Dikutib dari https://accounting.binus.ac.id/2021/11/16/sobel-test-untuk-menguji-variable-moderasi/ (7 Oktober 2022).
Husen, M. (2022). CSR adalah tanggung jawab perusahaan, ini jenis dan manfaatnya. Dikutib dari https://katadata.co.id. (9 Agustus 2022).
Kalsum, Umi. (2017). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan pofitabilitas sebagai variabel moderasi studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Thesis. Universias Lampung, Bandar Lampung.
Kementrian Sekretaris Negara RI. (2021). Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dikutip dari https://jdih.setkab.go.id (10 Agustus 2022).
Leki, R. & Christiawan, J. Y. (2013). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap penjualan dan biaya operasional perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011. Business Accounting Review, 1(2), 2013.
Muchlisin, R. (2014). Pengertian, indikator dan faktor yang mempengaruhi kinerja. Dikutip dari https://www.kajianpustaka.com. (10 Agustus 2022)
Mudjiarto & Vimesa, Y.A. (2020). Pengaruh faktor kemampuan terhadap kinerja UMKM peserta program PKT di Wilayah Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen, 16(2), Juli, 2020. http://journal.unas.ac.id/oikonamia/article/view/1124
Nurhayati, N., Eliana, E., & Jusniarti, N. (2021). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2018). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. 3(1), (2021). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/9633
Nurhidayah, E., & Ni’am, I. (2022). Pengaruh CSR Terhadap kemampuan inovasi dan kinerja UMKM (studi kasus penyaluran dana CSR PT SPHC pada UMKM Bunga Kopeng). Jurnal CAPITAL, Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 11-26. https://doi.org/10.33747/capital.v4i2.150
Rusniati & Rini, R. (2019). Green product: Pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan pembelian. Jurnal INTEKNA, 19(1), Mei 2019, 1-68. https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2020.021.01.1
Sari, P. N. & Sari, H. (2020). Pengaruh pengungkapan green product innovation dan green process innovation terhadap kinerja perusahaan. Jurnal Akuntansi Unesa, Vol.09, No.01, September 2020. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi
Singgih, S. (2014). Panduan lengkap SPSS versi 20 edisi revisi. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
Suaidah, M. Y., & Putri, A.C.K. (2020). Pengaruh kinerja lingkungan dan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara, 3(2), Juli (2020) – Desember 2020. https://doi.org/10.26533/jad.v3i2.666
Sumiati & Romi, S. (2021). Kontribusi GHRM, green input, green process dan green product terhadap economic performance. Jurnal Menara Ekonomi, VII(2), Oktober. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/2870
Tutik, S. (2020). Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Bisnis dan Akuntansi Unsurya, 5(2), Juni 2020. https://doi.org/10.35968/jbau.v5i2.430
Untung, U & Murni, W. A. (2020). Strategi green product guna meningkatkan kinerja usaha kecil menengah berbasis ramah lingkungan. Journal of Research and Technology, 6(1), 33–40. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/138
DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i3.597
Indexing
JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354
License
JMBR is using CC BY License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.