ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI TWITTER ADVERTISING PADA SEGMEN MUDA USIA 15 – 24 TAHUN WILAYAH JABODETABEK (JAKARTA, BOGOR, DEPOK,TANGGERANG, BEKASI) TAHUN 2011

Edith Lavindri -
Pepey Kurnia -

Abstract


Teori dan Model Theory of Reasoned Action (TRA) dari Fishbein & Ajzen (1975), Theory Planned Behavior (TPB) dari Ajzen (1991), Technology Acceptance Model (TAM) dari Davis (1989) dan Diffusion of Innovation Model (DOI) dari Rogers (1983 dalam Rogers, 2003) sering digunakan oleh banyak peneliti untuk menemukan faktor – faktor yang mempengaruhi adopsi yang berkaitan dengan teknologi. Pada penelitian ini keempat teori dan model ini dikombinasikan guna menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi adopsi Twitter advertising pada segmen muda usia 15 – 24 tahun. Sebanyak 389 penguna Twitter menjadi responden penelitian ini, dimana 5 diantaranya diwawancara untuk mendapatkan pemahaman mendalam akan adopsi Twitter advertising. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat attitude terhadap Twitter advertising, subjective norm terhadap Twitter advertising, perceived usefulness terhadap Twitter advertising berpengaruh dan signifikan terhadap intention to adopt Twitter advertising.

Keywords


Adopsi; Twitter Advertising; Segmen Muda; Theory of Reasoned Action (TRA); Theory Planned Behavior (TPB);Technology Acceptance Model (TAM); Diffusion of Innovation Model (DOI)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v9i1.75