PENGARUH BRAND IMAGE DAN ATRAKSI WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI SAUNG ANGKLUNG UDJO

Sopa Martina - STP ARS Internasional , & STP ARS Internasional , &
Fitri Dewi - STP ARS Internasional
Didin Syarifuddin - STP ARS Internasional

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan atraksi wisata terhadap kepuasan pengunjung di Saung Angklung Udjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif - verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2, uji t, dan uji F. Penelitian ini juga dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Dari hasil pengujian secara statistik, diketahui bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi = 0,473, atraksi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien regresi = 0,092, Brand image dan atraksi wisata berpengaruh secara simultan sebesar 25,2% terhadap kepuasan pengunjung.

Keywords


Brand image, Atraksi wisata, dan Kepuasan pengunjung

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Balqis, Diab. 2009 Analisis pengaruh nilai pelanggan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan dalam meningkatkan retensi pelanggan. Semarang: universitas Diponegoro

Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya

Herliza. 2016 Pengaruh brand image terhadap kepuasan pelanggan studi pada zara mall di pvj Bandung. Bandung: Komunikasi dan bisinis, Universitas Telkom

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Noor, Juliansyah. 2014. Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Novita. 2016. Faktor-Faktor Penentu Daya Tarik Wisata Budaya Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan, Jurnal Pendidikan, Volume 1 No 3, Maret 2016

Permana, AA. 2015. Pengaruh Brand image dan Kualitas produk terhadap loyalitas pengunjung di Kopi Luwak Cikole. Bandung: Program Studi Manajemen Pariwisata, STP ARS Internasional.

Pusparani & Rastini. 2014 pengaruh kualitas produk dan brand image terhdap kepuasan konsumen dan loyalitas penglanggan kamera Canon DSRL di kota Denpasar. Denpasar: Universitas Odaya.

Roslina, 2010. Citra Merek : Dimensi, Proses Pengembangan Serta Pengukurannya, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 No.3, Mei 2010 hal.333-346.

Sofyan. 2015. Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitasb Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening, Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Sugiyono, (2013), Metodologi Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Syarifuddin, D., & Internasional, J. S. (2013). Tourism Destination Service Quality to Tourist Satisfaction.

Yoeti, Oka. A. (2013). Pemasaran Pariwisata. Edisi Revisi. Bandung: CV. Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v15i1.115

Citation Format:


Indexing

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

License

JMBR is using CC BY License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.