ANALISIS BRAND EQUITY DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PALEMBANG)

Nedi Yansah - Universitas Sriwijaya , & Universitas Sriwijaya , &
Zakaria Wahab - Universitas Sriwijaya
Muchsin Shihab -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand positioning dan sales promotion terhadap brand equity dan keputusan pembelian konsumen. Ada pun yang menjadi studi kasus penelitian ini adalah Pegadaian Syariah di Kota Palembang. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan pada responden menggunakan teknik convenience sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku dan publikasi terkait lainnya. Teknik analisis pada penelitian mengunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa brand positioning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity; sebaliknya sales promotion memililki pengaruh negatif. Selanjutnya, ditemukan bahwa brand positioning tidak berpengaruh pada keputusan pembelian, sales promotion memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand equity tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Disarankan agar perusahaan lebih memperhatikan pembentukan brand positioning dengan menerapkan standarisasi pelayanan, terutama yang berkaitan dengan kecepatan, kenyamanan, dan fleksibilitas pelayanan. Perusahaan juga harus meningkatkan kompetensi karyawan dasi sisi pemahaman syariah. Sebaliknya, dalam hal kegiatan promosi penjualan perusahaan harus melakukan evaluasi yang mendalam, dikarenakan kegiatan promosi penjualan yang dilaksanakan selama ini terbukti kurang efektif mendorong keputusan pembelian.

Keywords


Brand Positioning, Sales Promotion, Brand Equity, Keputusan Pembelian

References


Chen JL, Chen TY. 2016. Using Brand Positioning to Enhance Consumers’Loyalty in Participatory Sport Event (Journal). Soochow Journal of Economics and Business

Fauziah A. 2015. Pengaruh Brand Personality dan Sales Promotion terhadap Puchase Decision Produk Maybelline Studi Pada Mahasiswi S1 Universitas Brawijaya (Jurnal). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya (tidak dipublikasikan).

Gelder, S.V. 2005. Global Brand Strategy. London: Kogan Page.

Hiedarian E, Kariznoee, Bijandi M. 2015. The effect of brand equity on consumer purchasing behaviorCase study: Food famous brands in Mashhad Industrial Town (Journal). 2015. Applied mathematics in Engineering, Management and Technology. Pakistan.

Jatmiko, Setyawati RL, 2015.Pengaruh Brand Positioning dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Sepda Motor Yamaha (Jurnal). Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia Unggul.

Kusno F, Radityani A, Kristanti M. 2007. Analisa Hubungan Brand Strategy Yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Café dan Brand Equity Yang Sudah Diterima Konsumen (Jurnal).Program Studi Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra.

Kartajaya, H. 2009. Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Terjemahan oleh: Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Maharani C, Andari R, Andrianto T, 2014. Pengaruh Brand Positioning Wonderful Indonesia Terhadap Keputusan Wisatawan Mancanegara Untuk Berkunjung ke Indonesia. Jurnal Tourism and Hospitality Essentially (THE). Program Studi Manajemen Pariwisata, Universitas Pendidikan Bandung.

Merunka D, Guizani H, Florence VP. 2011. The impact of brand personality and Sales Promotions on brand equity (Journal). Journal of Business Research. France.

Nigam A, Kaushik R. 2011. Impact of Brand Equity on Customer Purchase Decisions: An Empirical Investigation with Special Reference to Hatchback Car Owners in Central Haryana. IJCEM International Journal of Computational Engineering & Management.

Octaria R, Kumadji S, dan Hidayat K. 2015. Pengaruh Brand Personality dan Sales Promotion terhadap Puchase Decision Produk Maybelline Survey pada pengguna Produk Wardah di Universitas Brawijaya Malang (Jurnal). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya (tidak dipublikasikan).

Qi G, Dandan L. 2013.The Effect of Brand Position on Consumer Choices of Luxury Brands: A Cross - Cultural Study Between British and Chinese Consumers (Jurnal). Canadian Academy of Oriental and Occidental Culture. Canada.

Rodrigues SCI, Menegazzo FW, Chaves SPE. 2013. Brand Loyalty Influence Factors: Positioning and Brand Identity Comparison (Jurnal). Asian Journal of Bussiness and Management Sciences, FHO - Uniaras.

Salelaw, Singh ATG. 2016. The Impact of Sales Promotion on Brand Equity: The Case ofBrewery Industry (Journal). Journal of Marketing and Consumer Research, An International Peer-reviewed Journal. India.

Shresta A. 2015. Effects of Sales Promotion on Purchasing Decision of Costumer a Case Study of Baskin Robbins Ice-Cream Franchise Thailand (Thesys). Bangkok University. Thailand.

Siali F, Jiayi P, Shakur AM, Ya’kob AS. 2016. Relationship between Brand Equity and Consumer Purchase Decision: A Case of an International Brand of Foorwear (Journal). International Journal of Service Management and Sustainability (IJSMS). Malaysia.

Susanto AB, Widjanarko, Himawan. 2004. Power Branding: Membangun Brand yang Legendaris.Jakarta: Mizan.

Tjiptono, F. 2005. Brand Mangement & Strategy (Edisi 1). Yogyakarta: Andi Ofset

Vukasovic T. 2013. Managing Consumer-Based Brand Equity in Higher Education (Journal). International School for Social Bussiness Studies. Slovenia.

Wibowo AW. 2010. Analisis Pengaruh Brand Identity dan Brand Positioning terhadap Pembentukan Brand Image Perusahaan Asuransi Studi Kasus PT. Asuransi Bumi Putera 1967 (Tesis). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (Tidak dipublikasikan).

Wisesa, SA. 2011. Political Branding & Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zuliyarso Z, Hidayat W, EP. Apriyatni. 2013. Effect Brand Equity and Promotion to Purchasing Decision of Honda Motorcycle (Jurnal).Program Studi Sosial Politik, Universitas Diponegoro.

www.marketing.co.id/membangundanmengelola-brandequity/diakses 10 Januari 2017.

http://www.tesismars.co.cc/2008/12/brand-equity-rumah-sakit.html diakses 15 Januari 2017

https://www.mis.pegadaian.co.id/ diakses 25 April 2017.

http://beritasore.com/2017/01/08/2-200-perusahaan-lakukan-bisnis-gadai/ diakses 16 Juli 2017.




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v15i1.113

Citation Format:


Indexing

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

License

JMBR is using CC BY License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.