ANALISIS KEUNIKAN SUMBERDAYA DAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREATIF BAMBU (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
A. Buku
Affuah, A. 2004. Business Models: AStrategic Management Approach. NewYork: McGraw Hill
Barney,J, Hesterly W.2010. Strategic Managementand Competitive Advantage.
Consepts and Cases.Third Edition.:Pearson.
Creswell.,JhonW.(2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed
Methods Approaches (3rd Edition). Sage Publications.
Daniel H. Pink, 2005. A Whole New Mind, New York, Riverhead Books.
Departemen Perdagangan RI. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Depdag RI
David, Fred R. (2004). Manajemen Strategis. PT. Indeks kelompok Gramedia, Jakarta..
Gerbono, Anton, Djarijah, A.S., 2009. Aneka Kerajinan Bambu. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Hitt, Michael A., R. Duane Ireland, and Robert E. Hoskisson, 1999. Strategic Management. Competitiveness and Globalization. England: West Publishing Company.
Ireland,R. Duane, Robert E.Hoskisson, & Michael A.Hitt. 2009. The Management of Strategy: Concepts and Cases (8thEdition). Ohama: South-Western Cengage Learning
Porter, Michael E.1987, From Competitive Advantage to Corporate Strategy.
Harvard Business Review.
_____________.1993. Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Alih Bahasa Agus Dharma, dkk. Jakarta. Penerbit Erlanga
Putra, Nusa. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Manajemen. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Silver, Michael de Kare. 1997. Strategy in Crisis. UK. Palgrave Macmillan. Pp.58-79.
Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.
Tambunan, Tulus TH, 2006. Development of Small & Medium Enterprises in Indonesia from the Asia Pacific perspective. Jakarta: LPFE- Usakti.
Wheelen,Thomas L.,& Hunger,J.David.2012. Strategic Management and business policy: Concepts.13th ed. Pearson Prientice Hall
B. Jurnal
Alfin Samir dan Dwi Larso. 2011. Identifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM Catering di Kota Bandung.Jurnal Manajemen Teknologi. SBM- ITB. Vol. 10 No. 2, 2011.Hal. 163 – 185.
Covin,J.G&Covin T.J.1990. Competitive Agresiveness. Environmental Context, and Small Firm Performance. Entrepreneurship Theory and Practice.Spring, 77-89.
Dias Satria dan Ayu Prameswari. 2011. Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal. Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 9, Nomor 1.ISSN 1693-5241.Hal.301-308.
Edy Suandi Hamid dan Y. Sri Susilo, 2011. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 12 Nomo2 1, Juni 2011, hal 45-55.
Johanson, J. & Vahlne, J.-E. (1977). The Internationalization Process of the Firm – A Model of Knowledge Development and Increasing Foreign Market Commitments. Journal of International Business Studies.
Rukmi, Hendang Setyo, Listi Fitria, Fajri Zonda. 2010. Studi tentang Kondisi Industri Kreatif Permainan Interaktif di Kota Bandung Berdasarkan Faktor- factor yang Dipersepsikan Penting oleh Produsen dan konsumennya. Jurnal Rekayasa Itenas. No. 4 Vol. XIV.Januari- Maret 2010. Hal. 1 – 10.
Silver, (1997: 60 ) “Strategy in Crisis†dalam Triaji, “ Market Commitment Model: Alternatif Strategi Bagi Perbankan di Indonesia†(Tanpa tahun: 10)
Triaji, “Peranan Non Financial Performance dalam Menentukan Efektifitas Strategi Menggunakan Market Commitment Model di Perbangkan Indonesia (Tanpa Tahun: 3)
C. Elektronik dan Surat Kabar
Alisjahbana, Armida, S., 2012. “Pengembangan Bambu Nasional Langkah Strategis, Enviromentally friendly & Alleviate Poverty.â€, dalam http://bappenas.go.id/berita-dan-siaran-pers/features/3679-pengembangan-bambu-nasional-langkah-strategis-enviromentally-friendly-alliviate-poverty--/, diakses pada 10 Agustus 2014
Burhani, Alvi. 2015. “Market Commitment Modelâ€, dalam https://alviburhani.wordpress.com/2015/01/02/market-commitment-model--/ diakses pada 22 Februari 2015.
Dimartanti, Fatmi Woro, 2014. “Kerajinan Bambu Jawa Barat Dilirik Pengusaha Mesir.†dalam http://beritadaerah.co.id/category/industri-jasa/kerajinan-bambu-jawa-barat-pengusaha-mesir--/ , diakses 22 Februari 2015.
Purajatnika, Pon Sapriamulya. 2012. “Bambu untuk Masa Depan†dalam https://bamboeindonesia.wordpress.com/komunitas-bambu/komunitas-cinta-bambu/bambu -indonesia, diakses pada 10 Agustus 2014.
Suhada, Mukoddas. 2014. “Produk Kerajinan Bambu.†dalam http://bamboosaindonesia.multiply.com/12, diakses pada 22 Februari 2015
Sobari. Nunung. 2012. “Jabar Andalkan Industri Kreatif Bambu†dalam http://pikiran-rakyat.com/ekonomi/2012/03/11/180219/jabar-andalkan-industri-kreatif-bambu, diakses pada 10 Agustus 2014
Udjo, Mutiara D., dan Taufik Hidayat Udjo. 2014. “Wisata Bandung – Saung Angklung Udjo.†dalam http://anekatempatwisata.com/wisata-bandung-saung-angklung-udjo/ diakses pada 22 Februari 2015
_________________, 2015. “Saung Angklung Udjo.†dalam http://www.angklung-udjo.co.id/, diakses pada 22 Februari 2015
_________________, 2015. “Saung Angklung Udjo.†dalam http://www.wit.co.id/saung-udjo--/ diakses pada 22 Februari 2015
_________________, 2015. “Saung Angklung Udjo.†dalam http://www.instagram.com/angklungudjo--/ diakses pada 22 Februari 2015
Suhada, Mukoddas. 2014. “Produk Bambu Nasional†Harian Kompas, Terbit 1/9/2014.
Sobari, Nunung. 2013. “Jabar Andalkan Industri Kreatif bambu,†Harian Pikiran Rakyat, Terbit 03/06/2013
Dimartanti, Fatmo Woro. 2014. “Kerajinan bambu Jawa Barat Dilirik Pengusaha Mesir.†Harian Pikiran Rakyat, Terbit 14/10/2014.
DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v14i2.92
Indexing
JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354
License
JMBR is using CC BY License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.