ANALISIS KEUNIKAN SUMBERDAYA DAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREATIF BAMBU (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat)

Encep Sopandi - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nurtanio Bandung , & , &

Abstract


Saat ini perkembangan ekonomi sedang berada pada ekonomi berbasis kreatifitas. Ekonomi kreatif dan industri kreatif memerlukan sumberdaya yang kuat untuk memenangkan persaingan bisnis. Keunikan sumberdaya dan strategi keunggulan menjadi pokok memenangkan persaingan yang akan berdampak pada kinerja bisnis perusahaan. Penelitian ini berusaha menganalisis keunikan sumberdaya dan strategi keunggulan bersaing dengan model market commitment yang akan dilihat dampaknya pada kinerja perajin produk kreatif bambu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana keunikan sumberdaya yang dimilki dapat memberikan keunggulan dengan pendekatan market commitment model sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan kerajinan bambu, kasus pada Saung Angklung Udjo Bandung. Dimensi Keunikan Sumberdaya yang dianalisis adalah tangible asset, intangible asset dan organizational capability. Strategi market commitmen model, bertujuan memenangkan persaingan dan unggul di pasar. Market commitment model memiliki dimensi Ferformance, dengan indikator fuctionality, Reliability, Speed dan Convenience. Dimensi Service Hustle, dengan indikator Comprehensive, Avaliable, Personalized dan symbiotic. Dimensi Price dengan indikator low, value, premium dan shared. Dimensi Emosi dengan indikator, recognition, design, innovate, dan political. Variabel kinerja dalam penelitian ini, dilihat dari pertumbuhan pasar, profitabilitas bisnis dan market share. Dikarenakan kasus di Saung Angklung Udjo, variabel kinerja finansial kurang meberikan pendalaman sehingga analisis dilakukan lebih pada aspek non finansial. Metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, serta pengumpulan berbagai informasi berkaitan dengan keunikan sumberdaya dan strategi keunggulan bersaing Saung Angklung Udjo. Data diambil dari manajemen untuk variabel kinerja dan strategi keunggulan bersaing, untuk keunikan sumber daya dengan observasi dan interview terhadap beberapa pegawai di Saung Angklung Udjo. Untuk pendalaman materi, studi literatur dilakukan terhadap seluruh data yang berkaitan dengan kinerja atau reputasi Saung Angklung Udjo, baik pendapat pakar atau testimoni dari pengunjung yang terekam oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Saung Angklung Udjo memiliki keunikan sumberdaya yang memadai dilihat dari aspek aset berwujud, aset tidak berwujud dan kapabilitas organisasi. Keunikan tidak berwujud lebih dominan, karena Angklung Udjo adalah produk seni budaya, khas sunda yang telah diakui UNESCO. Kepemilikan lisensi, haki dan copyright dari Angklung yang terbuat dari produk kreatif bambu adalah unik, terutama dalam hal mudah dimainkan dan dapat mengimbangi alat musik dengan teknologi terkini. Strategi market commitment model sudah dijalankan, walau tidak disadari oleh pihak manajemen Saung Angklung Udjo. Kinerja dalam keadaan cukup baik, dan masih dapat ditingkatkan.

Keywords


Keunikan Sumberdaya; Strategi Keunggulan Bersaing;Produk Kreatif; Kerajinan Bambu; Angklung Udjo

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Buku

Affuah, A. 2004. Business Models: AStrategic Management Approach. NewYork: McGraw Hill

Barney,J, Hesterly W.2010. Strategic Managementand Competitive Advantage.

Consepts and Cases.Third Edition.:Pearson.

Creswell.,JhonW.(2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed

Methods Approaches (3rd Edition). Sage Publications.

Daniel H. Pink, 2005. A Whole New Mind, New York, Riverhead Books.

Departemen Perdagangan RI. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Depdag RI

David, Fred R. (2004). Manajemen Strategis. PT. Indeks kelompok Gramedia, Jakarta..

Gerbono, Anton, Djarijah, A.S., 2009. Aneka Kerajinan Bambu. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.

Hitt, Michael A., R. Duane Ireland, and Robert E. Hoskisson, 1999. Strategic Management. Competitiveness and Globalization. England: West Publishing Company.

Ireland,R. Duane, Robert E.Hoskisson, & Michael A.Hitt. 2009. The Management of Strategy: Concepts and Cases (8thEdition). Ohama: South-Western Cengage Learning

Porter, Michael E.1987, From Competitive Advantage to Corporate Strategy.

Harvard Business Review.

_____________.1993. Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Alih Bahasa Agus Dharma, dkk. Jakarta. Penerbit Erlanga

Putra, Nusa. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Manajemen. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Silver, Michael de Kare. 1997. Strategy in Crisis. UK. Palgrave Macmillan. Pp.58-79.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Tambunan, Tulus TH, 2006. Development of Small & Medium Enterprises in Indonesia from the Asia Pacific perspective. Jakarta: LPFE- Usakti.

Wheelen,Thomas L.,& Hunger,J.David.2012. Strategic Management and business policy: Concepts.13th ed. Pearson Prientice Hall

B. Jurnal

Alfin Samir dan Dwi Larso. 2011. Identifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM Catering di Kota Bandung.Jurnal Manajemen Teknologi. SBM- ITB. Vol. 10 No. 2, 2011.Hal. 163 – 185.

Covin,J.G&Covin T.J.1990. Competitive Agresiveness. Environmental Context, and Small Firm Performance. Entrepreneurship Theory and Practice.Spring, 77-89.

Dias Satria dan Ayu Prameswari. 2011. Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal. Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 9, Nomor 1.ISSN 1693-5241.Hal.301-308.

Edy Suandi Hamid dan Y. Sri Susilo, 2011. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 12 Nomo2 1, Juni 2011, hal 45-55.

Johanson, J. & Vahlne, J.-E. (1977). The Internationalization Process of the Firm – A Model of Knowledge Development and Increasing Foreign Market Commitments. Journal of International Business Studies.

Rukmi, Hendang Setyo, Listi Fitria, Fajri Zonda. 2010. Studi tentang Kondisi Industri Kreatif Permainan Interaktif di Kota Bandung Berdasarkan Faktor- factor yang Dipersepsikan Penting oleh Produsen dan konsumennya. Jurnal Rekayasa Itenas. No. 4 Vol. XIV.Januari- Maret 2010. Hal. 1 – 10.

Silver, (1997: 60 ) “Strategy in Crisis†dalam Triaji, “ Market Commitment Model: Alternatif Strategi Bagi Perbankan di Indonesia†(Tanpa tahun: 10)

Triaji, “Peranan Non Financial Performance dalam Menentukan Efektifitas Strategi Menggunakan Market Commitment Model di Perbangkan Indonesia (Tanpa Tahun: 3)

C. Elektronik dan Surat Kabar

Alisjahbana, Armida, S., 2012. “Pengembangan Bambu Nasional Langkah Strategis, Enviromentally friendly & Alleviate Poverty.â€, dalam http://bappenas.go.id/berita-dan-siaran-pers/features/3679-pengembangan-bambu-nasional-langkah-strategis-enviromentally-friendly-alliviate-poverty--/, diakses pada 10 Agustus 2014

Burhani, Alvi. 2015. “Market Commitment Modelâ€, dalam https://alviburhani.wordpress.com/2015/01/02/market-commitment-model--/ diakses pada 22 Februari 2015.

Dimartanti, Fatmi Woro, 2014. “Kerajinan Bambu Jawa Barat Dilirik Pengusaha Mesir.†dalam http://beritadaerah.co.id/category/industri-jasa/kerajinan-bambu-jawa-barat-pengusaha-mesir--/ , diakses 22 Februari 2015.

Purajatnika, Pon Sapriamulya. 2012. “Bambu untuk Masa Depan†dalam https://bamboeindonesia.wordpress.com/komunitas-bambu/komunitas-cinta-bambu/bambu -indonesia, diakses pada 10 Agustus 2014.

Suhada, Mukoddas. 2014. “Produk Kerajinan Bambu.†dalam http://bamboosaindonesia.multiply.com/12, diakses pada 22 Februari 2015

Sobari. Nunung. 2012. “Jabar Andalkan Industri Kreatif Bambu†dalam http://pikiran-rakyat.com/ekonomi/2012/03/11/180219/jabar-andalkan-industri-kreatif-bambu, diakses pada 10 Agustus 2014

Udjo, Mutiara D., dan Taufik Hidayat Udjo. 2014. “Wisata Bandung – Saung Angklung Udjo.†dalam http://anekatempatwisata.com/wisata-bandung-saung-angklung-udjo/ diakses pada 22 Februari 2015

_________________, 2015. “Saung Angklung Udjo.†dalam http://www.angklung-udjo.co.id/, diakses pada 22 Februari 2015

_________________, 2015. “Saung Angklung Udjo.†dalam http://www.wit.co.id/saung-udjo--/ diakses pada 22 Februari 2015

_________________, 2015. “Saung Angklung Udjo.†dalam http://www.instagram.com/angklungudjo--/ diakses pada 22 Februari 2015

Suhada, Mukoddas. 2014. “Produk Bambu Nasional†Harian Kompas, Terbit 1/9/2014.

Sobari, Nunung. 2013. “Jabar Andalkan Industri Kreatif bambu,†Harian Pikiran Rakyat, Terbit 03/06/2013

Dimartanti, Fatmo Woro. 2014. “Kerajinan bambu Jawa Barat Dilirik Pengusaha Mesir.†Harian Pikiran Rakyat, Terbit 14/10/2014.




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v14i2.92

Citation Format:


Indexing

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

License

JMBR is using CC BY License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.