AUDIT STRATEGI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN PRIORITAS SISTEM DISTRIBUSI (Studi Kasus pada Produsen Minuman Ringan)
Abstract
Distribusi memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Distribusi merupakan proses penyampaian suatu produk dari tangan produsen ke konsumen. Tanpa distribusi, produsen akan mengalami kesulitan memasarkan produknya dan konsumen pun kesulitan untuk dapat menikmati produknya. Persaingan yang ketat membuat pengendalian proses distribusi produk menjadi salah satu aspek penentu dalam memenangkan persaingan. Saluran distribusi telah memasuki babak baru dalam arena persaingan bisnis. Ia bukan hanya digunakan untuk menjamin ketersediaan produk, tapi juga untuk kepentingan lainnya seperti sebagai media pembangun merek. Semakin strategisnya peran saluran membuat banyak perusahaan semakin serius menangani saluran distribusinya. Perusahaan - perusahaan bahkan berupaya agar saluran distribusinya menjadi kunci keunggulan bersaing.Salah satu produsen minuman ringan di Indonesia menyediakan produk-produknya dimanapun agar mudah dijangkau. Artinya produsen minuman ringan ini harus mendistribusikan produknya secara merata hingga ke tingkat pengecer paling bawah. Hal ini menuntut tingkat pengelolaan yang strategis pada sistem distribusinya. Untuk itu perlu dilakukan perancangan jaringan distribusi.Tujuan utama dari perancangan jaringan distribusi adalah untuk mengetahui prioritas wilayah distribusi dan prioritas outlet yang harus dilakukan agar perusahaan dapat menggali potensi suatu wilayah secara maksimal. Proses merancang jaringan distribusi terdiri dari Audit SCM, Audit Prioritas Wilayah Distribusi, dan Audit Prioritas Outlet Distribusi. Hasil audit ini berupa rumusan strategi rancangan jaringan distribusi dan rencana implementasinya.
Keywords
Distribusi; Supply Chain Management (SCM)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v8i1.88