Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasaan Pengguna Badan Layanan Umum (BLU) Bidang Pendidikan Universitas selama Pandemi Covid-19

Benediktus Pinasthika - Sekolah Tinggi Manajemen PPM , & Sekolah Tinggi Manajemen PPM , &
Alhamdi Zuhri - Program Studi Akuntansi Bisnis, Sekolah Tinggi Manajemen PPM
Martdian Sari - Program Studi Akuntansi Bisnis, Sekolah Tinggi Manajemen PPM

Abstract


This study examines the effect of service quality on user satisfaction of public service agencies (BLU) in the education sector during the covid-19 pandemic. The quality of the services is measured using 14 service satisfaction indicators released in the Decree of the Minister of Administrative Reform Number: 63/KEP/M.PAN/7/2003. The sample in this research is state universities (PTN) with legal entities in Jabodetabek. The sample was determined using a purposive sampling technique. The results of this study indicate that service quality has a positive effect on service user satisfaction. Therefore, the better the service quality, the higher the satisfaction of service users.

Keywords


Public Service Agency; University; Governance

References


Annur, C. M. (2021). Persyaratan Berbelit, Keluhan Utama Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/20/persyaratan-berbelit-keluhan-utama-masyarakat-terhadap-pelayanan-publik

Ardyansyah, V. (2021). Tingkatkan Pelayanan Publik, Menteri Johnny: Pemerintah Konsolidasikan Aplikasi dan Integrasi Data. https://www.ayosemarang.com/umum/pr-772162508/tingkatkan- pelayanan-publik-menteri-johnny-pemerintah-konsolidasikan-aplikasi-dan-integrasi- data?page=all

Bulkia, S. (2018). Kapuaasan Mahasiswa Sri Bulkia Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin Pendahuluan Perguruan tinggi swasta merupakan salah satu alternatif untuk menghadapi fenomena meningkatnya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pendidik. Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 49–58.

Dadang. (2009). Perguruan Tinggi Jadi BLU, Siapa yang Untung? https://www.its.ac.id/news/2009/10/20/perguruan-tinggi-jadi-blu-siapa-yang-untung/

Ekarani, D., Pujiningsih, S., & Ahmad, A. (2022). Studi Fenomenologi: Akuntansi dan Perubahan Sekolah menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Jurnal Akuntansi Aktual, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.17977/um004v9i12022p055

Haryanto, Sahmuddin, & Arifuddin. (2007). Akutansi Sektor Publik. Akuntansi Sektor Publik, 3–251.

Hasan, M., & Asmawanti, D. (2019). Implementasi Remunerasi Dosen Badan Layanan Umum pada Universitas Bengkulu. Jurnal Akuntansi, 8(3), 165–174. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.8.3.165-174

Jaenudin, J., Al Arif, M. N. R., & Ihsani, I. F. (2022). Implementasi Kebijakan Tata Kelola Pembiayaan Badan Layanan Umum pada Universitas Islam Negeri. Jurnal Perspektif, 6(1), 62. https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.167

Kasiram, M. (2010). Metodologi penelitian: Kualitatif–Kuantitatif. Malang : UIN-Maliki Press

Kurbani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Fasilitas Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 22–35.

Kurniawan, A., & Sugiri, D. (2021). Kepuasan Pengguna Layanan Publik pada Unit Kerja Badan Layanan Umum (Blu) Bidang Pendidikan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(1), 11–22. https://doi.org/10.37606/publik.v8i1.144

Kurniawan, P. S., & Wahyuni, M. A. (2019). Akuntansi Keberlanjutan dan Pengukuran Kinerja Keberlanjutan Universitas. Gorontalo Accounting Journal, 2(2), 50. https://doi.org/10.32662/gaj.v2i2.607

Nordiawan, Deddy & Hertianti, A. (2010). Akuntansi Sektor Publik (kedua). Salemba Empat.

P Maha, Donny & A, S. (2019). Remunerasi dan Kontribusinya terhadap Kinerja BLU Bidang Pendidikan. Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Blu Direktorat Jenderal Perbendaharaan. https://blu-djpb.kemenkeu.go.id/index.php?r=publication/article/view&id=16

Putra, I. K. M., & Yasa, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa, Citra, dan Positive Word of Mouth Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 11(1), 90–102.

Rokhmani, T. (2016). Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) pada Perguruan Tinggi. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 3(2), 24–37. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.15

Sari, Y., Masnila, N., Widyastuti, E., & Wahyudi, R. (2019). Analisis Komparasi atas Kinerja dan Keuangan Badan Layanan Umum Bidang Penyediaan Jasa Pendidikan. Journal Of Applied Business Administration, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i2.1728

Satori, Djaman & Komariah, A. (2011). Teknik Pengumpulan Data. Salemba Empat.

Stefani, F. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada pelanggan Carrefour Plaza Ambarukmo Yogyakarta). http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8791

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Andi Ofset.

Widjajanti, K., & Sugiyanto, E. K. (2015). Good University Governance untuk Meningkatkan Excellent Service dan Kepercayaan Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 17(1), 69. https://doi.org/10.26623/jdsb.v17i1.504

Wiratna, S. (2015). Akuntansi Sektor Publik. Pustaka Baru Press Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i1.237

Citation Format:


Indexing

 

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

License

JMBR is using CC BY License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.