PENGARUH HARGA, WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MEMILIH EVENT ORGANIZER (STUDI KASUS DI UN PRODUCTION)

Nourma Wulanda, Zakaria Wahab, Ahmad Widad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pengaruh harga, word of mouth dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Event Organizer pada UN Production, dan Bagaimana pengaruh harga, word of mouth dan citra merek secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Event Organizer pada UN Production. Rancangan penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Untuk mengukur pengaruh antar variabel, digunakan multiple linier regression dan untuk uji hipotesis digunakan uji hipotesis F dan t. Hasil penelitian adalah: (1) Harga, Word of Mouth, dan Citra Merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Even Organizer UN Production, (2) Harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Even Organizer UN Production, serta (3) Word of Mouth dan Citra Merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Even Organizer UN Production. This study aims to determine (1) How the impact of price, word of mouth, and branch image simultaneously to purchase decisions of Event Organizer at Un Production, and (2) How the impact of price, word of mouth, and branch image partially to purchase decisions of Event Organizer at Un Production.

The study design used is associative. The samples used were 100 respondens. To measure the influence between variables, used multiple linear regression and to test the hypothesis used to test the hypothesis F and t. Results of the study are: (1) Simultaneously price, word of mouth, and branch image have a significant effect to purchase decisions of Event Organizer at Un Production, (2) Price have a negative and no significant effect to purchase decisions of Event Organizer at Un Production, and (3) Partially word of mouth and branch image have a positive and significant effect to purchase decisions of Event Organizer at Un Production


References


Basu Swastha, 2012. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Kesebelas. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Beatrix, S., 2013, I Love To Organize: Panduan Praktis Mengelola Event, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Christoper, Edin S. Djatikusuma, dan Idham Cholid, 2015, Zen Magic Organizer, Jurnal EMBA, Volume1, Nomor 3, Juni 2017, ISSN 2303-1174

Desi Maya Kristin dan Yuliana Lisanti, 2014, Wedding Organizer Order Management, ComTech, Volume 5 Nomor 2 Desember 2014, pp. 839-850, Information Systems Department, School of Information Systems, Binus University

Duwi Priyatno, 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit: PT. Buku Seru.

Dyah Ayu Kusumawardani dan Augusty Tae Ferdinand, 2014, Studi Mengenai Keputusan Pembelian Jasa Wedding and Event Organizer (Studi kasus di Mahkota Wedding and Event organizer Semarang), Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Volume 11, Nomor 2, Juni 2014, pp. 175 – 179, ISSN 1693-2390 (print), ISSN 2407-0939 (online)

Effendy, Onong Uchjana, 2012, Hubungan Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Fandy Tjiptono, 2013. Strategi Pemasaran. Edisi Ketujuh. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Ferdinand, 2012, Perilaku Konsumen, Analisis Model Keputusan, Penerbit Atma Jaya, Yogyakarta.

Fernando Is Suhendra dan Ike Juanita Tri Wardhani, 2014, Manajemen Event Organizer Pernikahan Tradisional Lintaswarna, Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial dan Humaniora), ISSN: 2460-6537, Bidang Kajian Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

Frank Frank, 2013, Public Relations, Edisi Kelimabelas, Jakarta: Erlangga.

Geraldy Lie dan Rudy S.Wenas, 2017, Pengaruh Bauran, Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sparkle The Event Organizer Manado, Jurnal EMBA, Volume 5, Nomor 3, September 2017, ISSN.2303-1174, pp. 3694-3703.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: PT. Media Pressindo.

Hendriani, L. 2014. The Power of Event Marketing. Majalah MIX Nomor 10/III. Edisi 30, Oktober-15 November

Husein Umar, 2013. Riset Pemasaran. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

I Gede Wahma Diatmika Giri dan I Made Jatra (2014), Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota di Kota Denpasar, Jurnal Strategic, Volume 9, Nomor 17, Februari 2014

Keller, K.L. 2013. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Edisi 12. Jilid 1. Penerbit Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kementerian Perindustrian, http://www.kemenperin.go.id, diakses pada tanggal 6 Maret 2017.

Lupiyoadi, 2011, Riset Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta.

Noer Rafikah, 2015, Analisis Pengaruh Penggunaan Jasa Event Organizer dan Sales Promotion Girl terhadap Keputusan Pembelian Rokok Apache di Kecamatan Tuban, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 29, Nomor1, Desember 2015, e-mail: [email protected], website: http://www.administrasibisnis.ub.ac.id.

Philip Kotler, 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Edisi ke 11, Jilid 1, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Rheland Kasali, 2013, Manajemen Public Relations. Jakarta: Penerbit PT.Grafiti.

Ruslan Rosady, 2014, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi, Edisi Revisi, Jakarta: RT. Raja Grafindo Persada.

Saladin. 2014. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Penerbit PT. Pustaka Utama Grafiti.

Santo Medy Wibisono, 2016, Strategi Komunikasi Event Organizer Movem dalam Memperkenalkan Merek Lokal melalui Penyelenggaraan Event Samarinda Street Fest di Kota Samarinda, eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 4, Nomor 3, 2016, pp. 222-236, ISSN 2502-597X,

Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Lesli Laizer. 2012. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta. PT Indeks.

Sekaran, 2011, Metodologi Penelitian untuk Bisnis Edisi ke 10. Jakarta: Salemba Empat

Sernovitz, 2012, Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Silverman, George. 2014. The Secret of Word of Mouth Marketing: How To Trigger Exponential Sales Through Run Away Word of Mouth. USA: AMACOM.

Soemirat, Sholeh dan Ardianto, Elfinaro, 2013, Dasar-dasar Public Relation, Cetakan ke-1,. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis, Penerbit CV.Alfabeta. Bandung.

Sumardy, M. Silviana, 2011, The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, U. 2012. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suryadi, D. 2012. Promosi Efektif Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan. Penerbit: Tugu Publisher, Yogyakarta

Suseno, KRMT. I. K. 2013, Cara Pintar Jadi Event Organizer, Penerbit: Galang Press. Yogyakarta

Walker, L. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Penerbit Erlangga. Jakarta.

William J. Stanton, 2011, Prinsip Pemasaran, Edisi ke 7, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v16i1.139

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

 View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.