PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELITA AIR SERVICE

Vera Saragi Sitio - Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma , & Universitas Diregantara Marsekal Suryadarma , &

Abstract


PT Pelita Air Service sebagai anak usaha PT Pertamina (Persero)  yang berfokus pada bisnis  pesawat charter. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah banyaknya perusahaan pesaing yang memiliki kualitas dan kinerja optimal. Oleh karena itu melalui penerapan Total Quality Management dan gaya kepemimpan diharapkan mampu meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management dan gaya kepemimpinana terhadap kinerja karyawan. Populasi pada penelitian ini adalah 220 karyawan. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu karyawan pada Departemen Engineering yang berjumlah 72 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda menggunakan Minitab 16. Hasil statistik menunjukkan koefisien regresi Total Quality Management = 0.00327 dan koefisien regresi gaya kepemimpinan = 0.0190. Hasil penelitian menunjukkan  variabel Total Quality Management dan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada tingkat signifikan 0.05 baik secara parsial dan secara simultan dengan 31.3 % faktor tersebut mampu menjelaskan model persamaan.

Keywords


Total Quality Management, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan

References


Anthony, Robert N. dan Vijay Govindarajan. 2008. Sistem Pengendalian Manajemen. Terjemahan FX. Kurniawan Tjakrawala. Salemba Empat. Jakarta.

Dahar, Dila L. 2012. Gaya Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderating Dalam Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Samsung Elektronik Indonesia. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Jawa Timur.

Dessler, Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jild 1. PT. Indeks. Jakarta

Gareta, Sella Panduarsa. 2016. Pertumbuhan Industri Penerbangan Indonesia Nomor Dua Dunia. Diakses https://www.antaranews.com/berita/599511/pertumbuhan-industri-penerbangan-indonesia-nomor-dua-dunia pada tanggal 10 Maret 2017.

Ghozali. Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi Ketujuh. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F.,Black, W.C.Babin,B.J & Anderson, R.E. 2006. Multivariate Daya Analysis: A Global Perspective. Boston. Pearson

Hardian, Ferry, Kusdi Rahardjo dan Moch Soe’oed Hakam. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap Service Center Panasonic Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 18. Nomor 1.

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan 9. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Heize, Jay dan Barry Render. 2009. Manajemen Operasi (Operation Management). Salemba Empat. Jakarta

Illiyawati, Wachidatuz Z. 2016 Penagruh TQME, Gaya Kemimpinan dan Kedispilinan Kerja Terhadap Kinerja Dosen (Studei Pada Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur). Jurnal JIBEKA. Vol. 10. Nomor 1. Agustus 66-72.

Johannes T, Bryan. 2014. Penagruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia, Tbk (regional Sales Manado). Jurnal Acta Diurna. Vol. III. No 4.

Nasution, M. Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia. Jakarta

Pelita Air Service. 2016. Laporan Tahunan 2016. Diakses pada http://www.pelita-air.com/en_US/hubungan-investor/annual-report/ pada tanggal 10 Maret 2018.

Primadhyta, Safyra. 2015. Industri Penerbangan RI masih Carut Marut , Ini Solusinya. Diakses pada https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150121114517-92-26180/industri-penerbangan-ri-masih-carut-marut-ini-solusinya pada tanggal 10 Maret 2018.

Roscahyo, Agung. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Siti Kodijah Sidoarjo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 2 No. 12.

Sanjaya, Sigit. 2013. Penagruh Komitmenn Terhadap Kinerja Manajerial dan Penerpaan Dasar Total Quality Management Sebagai Variabel Interventing (Studi Empiris pada BUMN di Kota Padang). Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Santorizki, Baskoro. 2010. Struktur dan Perilaku Industri Maskapai Penerbangan di Indonesia Tahun 2003 – 2007. Jurnal Media Ekonomi. Vol. 18. No. 3

Sanusi, Anwar. 2001. Metodelogi Penelitian Bisnis. Jakarta. Salemba Empat.

Siswanta,I.K., Ade, I.K., Sudarsana, dan I Gst. Ketut Suipta. 2014. Analsisi Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Pemilihan Rumah Tinggal Pada Kawasan Sunset Garden Kota Denpasar Bali. Jurnal Sepktran, Vol. 1. No 2. Jan 2014, 44-51

Subhi, Emil Ryan dan Tri Yuniati. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Penghargaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Imu & Riset Management. Vol. 3. No 2.

Sumarsono.2002. Metodelogi Penelitian Akutansi. Surbaya. Penerbit Sumarsono.

_________. 2004. Metodelogi Penelitian Akutansi. Surabya. Penerbit Sumarsono.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Alfa Beta Bandung. Bandung

Susanto. 2016. Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja, Pengharaan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis & Ekonomi. Volume 14. Nomor 1. April 2016

Thoha, Miftha. 2004. Perilaku Organisasi. Penerbit Radjagrafindo Persada. Jakarta

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen. Kencana, Edisi Revisi. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v15i2.128

Citation Format:


Indexing

 

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

License

JMBR is using CC BY License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.