PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELITA AIR SERVICE

Vera Sylvia Saragi Sitio

Abstract


PT Pelita Air Service sebagai anak usaha PT Pertamina (Persero)  yang berfokus pada bisnis  pesawat charter. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah banyaknya perusahaan pesaing yang memiliki kualitas dan kinerja optimal. Oleh karena itu melalui penerapan Total Quality Management dan gaya kepemimpan diharapkan mampu meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management dan gaya kepemimpinana terhadap kinerja karyawan. Populasi pada penelitian ini adalah 220 karyawan. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu karyawan pada Departemen Engineering yang berjumlah 72 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda menggunakan Minitab 16. Hasil statistik menunjukkan koefisien regresi Total Quality Management = 0.00327 dan koefisien regresi gaya kepemimpinan = 0.0190. Hasil penelitian menunjukkan  variabel Total Quality Management dan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada tingkat signifikan 0.05 baik secara parsial dan secara simultan dengan 31.3 % faktor tersebut mampu menjelaskan model persamaan.

 

Kata Kunci : Total Quality Management, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan




JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

Strategic Business Unit of : 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats