PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Netty Laura, Siska Natalia Siringo Ringo

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk dan keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Unit analisis dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna sepeda motor Honda matic. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna sepeda motor Honda matic dengan jumlah 132 sampel dari 198 populasi. Metode pengambilan sampel yang di gunakan di dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, dimana pengambilan sampel secara sengaja berdasarkan persyaratan kriteria tertentu. Instrument analisis statistik melalui PLS.3 yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini yakni kualitas produk berpengaruh  positif signifikan terhadap citra merek di Universitas 17 Agustus 1945, keunggulan bersaing  berpengaruh positif signifikan terhadap citra merek di Universitas 17 Agustus 1945, kualitas produk berpengaruh positif  signifikan terhadap keputusan pembelian di Universitas 17 Agustus 1945, keunggulan bersaing berpengaruh positif  signifikan terhadap keputusan pembelian di Universitas 17 Agustus 1945, citra merek berpengaruh  positif signifikan terhadap keputusan pembelian di Universitas 17 Agustus 1945, kualitas produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian  melalui citra merek di Universitas 17 Agustus 1945, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif tidak  signifikan terhadap keputusan pembelian melalui citra merek di Universitas 17 Agustus 1945. Implikasi penelitian ini PT. Astra Honda Motor perlu berinovasi terus menerus melalui kualitas produk sehingga mampu bersaing dengan perusahaan otomotif sepeda motor lainnya. Keunggulan bersaing yang diciptakan Honda inilah yang mampu menjadikan PT. Astra Honda Motor menjadi penguasa pasar industri otomotif sepeda motor.

Keywords


Kualitas Produk; Keunggulan Bersaing; Citra Merek dan Keputusan Pembelian

References


Anis L.M., Suharyono, Sunarti, 2015, â€Pengaruh Kualitas Produk Terhadap International Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pembeli Dan Pengguna Laptop Lenovo Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijayaâ€, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 28, No. 2, Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Chin, W.W. (1998), “The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modelingâ€, In Marcoulides, G.A. (Ed), Modern Method for Business Resaearch, Mahwah. NJ. Erlbaum Associates, hal. 295 – 358.

Darmayanti dan Jatra, 2016, “Pengaruh Atribut Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Android Di Kabupaten Gianyarâ€, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Bali: Universitas Udayana Bali.

Diyah, Zainul dan Yaningwati, 2013, “Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Masyarakat Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang yang Menggunakan Honda Beat Plat N Lumajang Produksi 2010 – 2012)â€, Fakultas Ilmu Administrasi.

Erlangga dan Sisilia, 2014, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image (Studi Pada Hotel Nusantara Di Bandar Lampung)â€, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Ferrinadewi, Erna , 2008, Merek dan Psikologi Konsumen, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Ghanimata, Fifyanita dan Mustafa Kamal, 2012, â€Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)â€, Diponegoro Journal of Management, Vol. 1. No. 2, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Nembah, 2012, Manajemen Pemasaran, Cetakan 2, Bandung: Yrama Widya.

Hasan D.K., 2015, “Pengaruh Kualitas Produk dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga / Bisnis FISIP USUâ€, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara.

Indriantoro Nur dan Supomo, 2014, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen, Edisi Keenam, Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Kotler, Philip, 2010, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2012, Principles of Marketing, New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Keller, 2012, Marketing Management 13, New Jersey: Pearson Pretince Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012, Marketing Management, 14th Edition, New Jersey, Pretince Hall.

Listyawati I.H., 2014, “Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Yogyakartaâ€, JBMA, Vol. 2, No. 1, Yogyakarta: Akademi Manajemen Administrasi YPK Yogyakarta.

Lubis, 2012, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Pada Poliklinik RS. Haji Medanâ€, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.

Mahmud, 2014, “Pengaruh Desain Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha Merek New V-Ixion FI (Full Injection)â€, Jurnal Sketsa Bisnis, Vol. 1.

Noerchoidah, 2013, “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasakiâ€, Jurnal WIG, Vol. 3, No. 1.

Purwati, Setiawan, dan Rohmawati, 2012, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti)â€, Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), Vol. 2, No. 3, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Puspita, Yulianto, Edy, dan Sunarti, 2016, “Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Konsumen Charles & Keith di Tunjungan Plaza Surabaya)â€, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 34, No. 1, Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Ratnawati, Atik, 2013, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Brand Image Pada Pasien Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Prof.Dr. Soeharso Surakarta Tahun 2012â€, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), Vol. 1, No. 1, Universitas 11 Maret.

Ristiawan dan Farida, 2015, “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150 CC Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Riau Jaya Cemerlang)â€, JOM FISIP, Vol. 2, No. 2, Universitas Riau.

Sampurno, (2010), Manajemen Stratejik : Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Saputra, Sasongko, dan Budiharjo, Agus, 2015, “Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Klanrock House Concept Store Di Jemberâ€, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember (UNEJ).

Sarwono Jonathan dan Narimawati Umi, 2015, Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS – SEM), Edisi Pertama, Yogyakarta, CV.Andi Offset (ANDI).

Sumarwan, 2008, Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Thatte, A.A, 2007, Competitive Advantage of a Firm through Supply Chain Responsiveness and SCM Practices, Doctoral dissertation, The University of Toledo.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Yogyakarta, Andi Offset.

Yusmawan, Suharyono, Kumadji, dan Rahardjo, 2014, “Journal Of The Effect Of The Product Quality Mediation And Brand Image On The Influence Of Pricing Policy And Service Quality Towards Trustâ€, Journal Of Contemporary Research In Business, Vol. 5, No. 9, Malang: Universitas Brawijaya Malang.




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v14i2.100

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.