RANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK TOKO HOTEI PUSAT GROSIR METRO TANAH ABANG

Carlos Francois Sopamena

Abstract


Hotei adalah toko busana yang didirikan pada Maret 2012. Kegiatan operasional yang dilakukan Toko Hotei adalah memproduksi busana jadi dengan brand sendiri serta menjual produk tersebut ke penjual eceran ataupun konsumen akhir langsung. Untuk dapat mempertahankan eksistensi di dalam persaingan bisnis diperlukan strategi bisnis jangka panjang agar dapat mengantisipasi segala macam kemungkinan yang ada di masa yang akan datang. Strategi bisnis jangka panjang ini mengarah kepada pengembangan produk (product development). Di dalam melakukan analisis strategi pengembangan
bisnis Toko Hotei menggunkana beberapa analisis antara lain : analisis eksternal, analisis internal, matriks EFE, matriks IFE, matrik IE, Key Success Factors (KSF), QSPM. Hasil matriks EFE Tko Hotei adalah 2,925 dan hasil matriks IFE adalah 2.82, hal
ini memposisikan matriks IE berada pada kuadran V. Pilihan strategi yang ada adalah pengembangan produk dan penetrasi pasar. Berdasarkan matriks QSPM pilihan strategi yang paling cocok dikembangkan Toko Hotei adalah strategi pengembangan produk dengan nama strategi “Woman On Topâ€.

Keywords


Strategi Bisnis; Pengembangan Produk; Wholesaling

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v10i2.63

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.