ANALISIS PENGARUH ANTARA MUTU PRODUK, PELAYANAN PURNA JUAL DAN EKUITAS MEREK TERHADAP CITRA MEREK SMARTPHONE SAMSUNG

Arifin Sitio - , & , &
R Rusnali -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh antara mutu produk dengan citra merek,(2) Pengaruh antara pelayanan purnajual dengan citra merek, (3) Pengaruh antara ekuitas merek dengan citra merek. Hipotesis penelitian adalah sebagai berikut : (1) terdapat Pengaruh positif antara mutu produk dengan citra merek. (2) terdapat Pengaruh positif antara pelayanan purnajual dengan citra merek. (3) terdapat Pengaruh positif antara ekuitas merek dengan citra merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey pada karyawan PT Mercedes-Benz Indonesia. Jumlah responden sebnya 123 orang yang dipilih dengan non probability sampling dengan metode convenience samling Dari 123 target responden, hanya 74 responden yang mengembalikan instrument penelitian. Data yang dikumpulkan berdasarkan instrumen penelitian berbentuk kuesionar yang telah dikalibrasi. Uji asumsi klasik dengan menggunakan: Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Penelitian Menyimpulkan bahwa: Pertama, ditemukan bahwa mutu produk (X1) mempunyai Pengaruh positif dengan citra merek artinya makin tinggi mutu produk, maka citra merek akan semakin baik. Jika mutu produk lebih ditingkatkan dan diarahkan secara positif, maka citra merek juga akan leih meningkat atau lebih positif. Kedua, ditemukan bahwa pelayanan purnajual (X2) mempunyai Pengaruh positif dengan citra merek artinya makin tinggi pelayanan purnajual, maka citra merek akan semakin baik. Jika pelayanan purnajual lebih ditingkatkan dan diarahkan secara positif, maka citra merek juga akan lebih meningkat atau lebih positif. Ketiga, ditemukan bahwa ekuitas merek (X3) mempunyai Pengaruh positif dengan citra merek artinya makin tinggi ekuitas merek, maka citra merek akan semakin baik. Jika pelayanan purnajual lebih ditingkatkan dan diarahkan secara positif, maka citra merek juga akan lebih meningkat atau lebih positif.


The purpose of this study is to determine: (1) the impact of quality product to brand image, (2) the impact of post-sale service to brand image, (3) the impact of brand equity to brand image, Samsung Android smartphones. The research hypotheses are as follows: (1) there is a positive impact between the quality product to brand image. (2) there is a positive impactbetween post-sale service to brand image. (3) there is a positive impact between brand equity to brand image.. The method used in this research is survey method the employees of PT Mercedes-Benz Indonesia. 123 respondents are selected with non probability sampling with convinience sampling method. Only 74 questionnaire that returned. Classic assumption test that used: Normality test, test of homogeneity and multicoliniearity. Research Concludes that quality product (X1) has a positive impact to brand image means that the higher the quality of the product, the brand image, the better. If the product quality further improved and redirected positively, then the brand image will also leih increased or more positive. Secondly, it was found that the post-sale service (X2) has a positive impact to brand image means that the higher the sales service, the brand image, the better. If further enhanced after-sales service and redirected positively, then the brand image will also be increased or more positive. Thirdly, it was found that brand equity (X3) has a positive impact to brand image means that the higher the brand equity, then the image of the brand, the better If further enhanced after-sales service and redirected positively, then the brand image will also be increased or more positive.

Keywords


Kualitas Produk; Pelayanan Purna Jual; Ekuitas Merek; Citra Merek



DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v14i1.38