STRATEGI BISNIS HOTEL DAN RESORT BERKONSEP MONGOLIAN-APACHE EXPERIENCE DI BOGOR 2018-2021

M Akhsanur Rofi, Johannes C Santoso

Abstract


Kota Bogor sebagai penyangga selatan Jakarta tumbuh sebagai pusat wisata dan ekonomi kreatif dengan kontribusi sektor 20% PAD. Bersaing dengan ± 212 hotel di wilayah Bogor, Hotel dan Resort ME (HRME) menawarkan konsep ala Mongolian-Apache di kaki Gunung Salak untuk wisatawan kelas menengah-atas. Namun selama 5 tahun pertama, tingkat okupansi rata-rata hanya 37,2% dan profitabilitas hanya 7,9% dari pendapatan, sementara kondisi persaingan eksternal semakin tinggi. Perubahan strategi perlu diupayakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki HRME. Pendekatan RBV dan Value Chain disusun hingga terbentuk BSC 2018-2019. Wawancara dengan pemilik dan manajemen HRME dilaksanakan dengan dukungan data sekunder dari tahun 2011-2017 serta observasi lapangan. Diyakini, pengembangan kualitas modal insani untuk mendukung produk/jasa dan produk/jasa baru serta promosi efektif yang intensif dalam mendukung penetrasi pasar menjadi kunci perbaikan tingkat okupansi hingga 45% dan profitabilitas hingga 15%.

Keywords


Hotel Resort, Wisata, Bogor, Strategi, RBV, Value Chain

References


Agoda. 2016. Top Choice of Agoda Travelers 2016. Informasi dapat diakses di: https://www.agoda.com/the-1o1-bogor-suryakancana-hotel/hotel/bogor-id.html?cid=-146

Amir, M., T. 2011. Manajemen Strategik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persana.

Balance Scorecard Institute (BSI). (n.d.). Evaluation of a BSC System & Its Implementation. Diakses di: https://www.balancedscorecard.org/portals/0/pdf/Evaluation_Step_9_CR2.pdf

Barney, J. B. 1991. Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, Vol. 17, pp. 99-120.

Biro Pusat Statistik [BPS]. (n.d.). Jumlah Akomodasi, Kamar, dan Tempat Tidur yang Tersedia pada Hotel Bintang Menurut Provinsi, 2000-2016. Dapat Diakses di: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1096

Biro Pusat Statistik [BPS]. 2016. Dapat Diakses di: www.bps.go.id

David, F. R., & David, F. R. 2014. External Audit in Strategic Management Concepts (15th Edition). London: Pearson Education Limited.

David, F. R., 2011. Strategic Management (13th Ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan [Disparbud]. (2016). Dokumen Renstra, dapat diakses di: http://disparbud.kotabogor.go.id/page/show/rensta

Dotson et al. 2016. Brand Attitudes and Brand Search. Google Research. Dapat diakses: https://research.google.com/pubs/archive/45740.pdf

Drucker, Peter F. 2008. Management (Revised Edition). HarperBusiness.

Fadmawati, D. Kadek, 2011. Reformulasi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Occupancy room rate di Hotel Four Seasons Hotel Jimbaran Bali. Universitas Udayana, Denpasar.

Hansen, D., R, & Mowen, M., M. 2003, Management Accounting (Sixth Edition). South-Western.

Henry, A. 2007. Understanding Strategic Management. Oxford: Oxford University Press.

Herlambang, V. 2016. Developer Menyerbu Bogor Buat Bangun Hotel. Dikutip dari Kontan. Dapat diakses melalui: http://industri.kontan.co.id/news/developer-menyerbu-bogor-buat-bangun-hotel

Kaplan, R., Norton, D, 2004. Strategy Map Converting Intangible Assets Into Tangible Outcome, Harvard Business School Press, Boston.

Kementerian Pariwisata. 2015. Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata tahun 2015. Dapat diakses di: www.kemenpar.go.id/userfiles/file/test/LAKIP-KEMENPAR%202015.pdf

Kementerian Pariwisata (n.d.). Statistik Tingkat Penghunian Kamar Hotel Bintang Tahun 2014-2017. Dapat diakses di: www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?crhal=1&c=113&ref=

Kompas. 2015. Pertumbuhan Hotel Berbintang di Bogor Dua Kali Lipat. Informasi dapat diakses melalui:

http://properti.kompas.com/read/2015/01/14/184604121/Pertumbuhan.Hotel.Berbintang.di.Bogor.Dua.Kali.Lipat.

Pemerintah Kabupaten Bogor, 2015. Dispenda Tahun Ini Targetkan PAD Sebesar Rp 1,75 Triliun. 18 Agustus, 2016, dari https://bogorkab.go.id/index.php/post/detail/2134/dispenda-tahunini-targetkan-pad-sebesar-rp-1-75-triliun#.WEnvmqJ95-U

Pemerintah Kota Bogor. 2003. Profil Investasi Bidang Pariwisata Kota Bogor. Informasi dapat diakses melalui: http://kotabogor.go.id/index.php/page/detail/125/pariwisata#.WmraRUxuJO8

Pemerintah Kota Bogor. 2016. Jumlah Wisatawan 2017 Diprediksi Naik. Informasi dapat diakses di: http://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/5721/jumlah-wisatawan-2017-diprediksi-naik#.WmrbX0xuJO8

Pemerintah Kota Bogor. 2017. Pengembangan Pariwisata Perlu Dukungan Pentahelix. Informasi dapat diakses melalui:

http://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/6446/pengembangan-pariwisata-perlu-dukungan-pentahelix#.Wmrbi0xuJO8

Pemerintah Kota Bogor. 2017. Kunjungan Wisatawan Dongkrak PAD. Informasi dapat diakses di: http://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/8697/kunjungan-wisatawan-dongkrak-pad#.WmrbkkxuJO8

Pemerintah Kota Bogor. 2017. Kota Bogor Menjadi Destinasi Wisata Favorit Kuliner dan Pariwisata. Informasi dapat diakses di:

http://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/8697/kunjungan-wisatawan-dongkrak-pad#.WmrbkkxuJO8

Porter, M., & Magretta, J. 2014. Strategy and Competition: The Porter Collection. Boston: Harvard Business Review Press.

Prayoga, D. 2017. Tingkat Okupansi Capai 80 Persen. Dikutip dari Radar Bogor. Dapat diakses: www.radarbogor.id/2017/11/02/tingkat-okupansi-capai-80-persen/

Nurhayati, 2017. Release Kominfo Kabupaten Bogor. Dapat diakses di: http://kecamatanciampea.bogorkab.go.id/index.php/post/detail/7604/disbudpar-ajak-pers-wisata#.WmrT5KiWZJ8 atau

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/05/03/opctr3365-bupati-bogor-klaim-sumbang-10-persen-wisatawan-mancanegara

Sammut-Bonnici, T., & Galea, D. 2015. Wiley Encyclopedia of Management. John Wiley & Sons, Ltd.

Schonberger, Richard J. 1997. World Class Manufacturing. Jakarta: Prenhallindo.

Sulastiyono, Agus, 2008. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Cetakan Keenam. Bandung : Alfabeta.

Wernerfelt, B. 1984. A Resource-based View of The Firm. Strategic Management Journal, Vol. 5, pp. 171-180.

Wibisono, 2006. Manajemen Kinerja: Konsep Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Zikmund, W.G., Babin, J., Carr, J. & Griffin, M. 2012. Business Research Methods. Cengage Learning.

Situs website www.traveloka.com

Situs website Google trends.google.com

Situs website www.bi.go.id

(Semua situs telah diakses kembali terakhir pada 26 Januari 2018)




DOI: https://doi.org/10.34149/jmbr.v15i1.116

JMBR Editorial Office: PPM School of Management, Jl. Menteng Raya 9-19 Jakarta 10340 Phone: 021-2300313 ext 2354

View My Stats

License

JMBR is using CC BY License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.